PROFIL DESA KLAKAH

Desa Klakah
0

PROFIL DESA KLAKAH


Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Desa Klakah adalah sebuah desa di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia yang terletak di antara bawah kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Desa Klakah juga merupakan daerah yang bisa dikatakan paling Selatan di wilayah Kabupaten Boyolali dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang. Jarak antara Desa Klakah ke Kecamatan Selo sekitar sembilan kilometer dan ke Kabupaten Boyolali berjarak 28 kilometer.

Selain itu, Kecamatan Selo juga terkenal sebagai kawasan wisata alam dengan pemandangan gunung di samping Utara dan Selatan. Objek wisatanya antara lain pendakian gunung, outbond, dan New Selo (pos pengamatan Gunung Merapi). Terdapat juga objek wisata yang terkenal yaitu Ketep dan air terjun. Air terjun ini biasa disebut dengan air terjun “Kedung Kayang”, yang berjarak lima kilometer ke arah Barat dari Kecamatan Selo. Tempat ini memiliki pemandangan alam berupa air terjun yang terletak di antara dua kabupaten, yaitu Boyolali dan Magelang.

Objek Wisata Kedung Kayang
Sumber : http://Klakahselo.wordpress.com/2014/09/17/desa-klakah -selo-boyolali-2/

Untuk objek wisata di Desa Klakah sendiri sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita lihat, ditambah masih memiliki banyak destinasi wisata seperti perkampungan. Tetapi karena upaya kegiatan mempromosikan tempat kunjungan wisata di daerah masih sangat terbatas dan kurangnya perhatian dari pemerintah, sehingga jarang para wisatawan mengetahui tempat wisata di Desa Klakah tersebut. Selain tempat wisatanya yang bagus, Desa Klakah juga terdapat adanya kesenian tradisional antara lain Reog Ponorogo dari Dusun Sumber, Jathilan dari Dusun Bakalan, Kuda Lumping dari Dusun Bangunsari, Topeng Ireng dari Dusun Klakah Ngisor, Padat Karya dari Dusun Klakah Tengah, dan Yakso Girang Merapi dari Dusun Klakah Nduwur.


Reog Ponorogo

Jathilan

Kuda Lumping


Topeng Ireng

Padat Karya

Yakso Girang Merapi


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)