POTENSI DESA KLAKAH

Desa Klakah
0

POTENSI DESA KLAKAH


Potensi Lahan Desa Klakah
Sumber : Tatag Arhath

POTENSI SUMBER DAYA ALAM

  • Adanya lahan bengkok desa yang tersebar
  • Kawasan berbukit
  • Berada di antara dua aliran sungai
  • Lahan pertanian yang luas
  • Keanekaragaman hasil pertanian
Pertanian
Desa Klakah memiliki potensi yang sangat banyak, salah satunya adalah lahan pertanian.  Hampir 90% lahan di Desa Klakah merupakan lahan pertanian, sehingga banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani. Sayuran yang dihasilkan antara lain wortel, cabai, kol, bawang merah, bawang putih, dan lain sebagainya. Namun hasil lahan pertanian yang dihasilkan belum sepenuhnya masyarakat rasakan. Mereka menjual dengan harga yang sangat murah. Hal tersebut dikarenakan jarak Desa Klakah dengan pasar sangatlah jauh.
Salah satu lahan di Desa Klakah
Sumber : DJayati Narita Sari
Peternakan
Selain potensinya di bidang pertanian, Desa klakah juga memiliki potensi di bidang peternakan, yaitu berupa sapi. Kebanyakan dari penduduk Desa Klakah memelihara sapi di tiap rumahnya.
Galian C
Sungai Apu yang melewati Desa Klakah mengakibatkan banyaknya material di sepanjang Sungai Apu.
Material di sepanjang Sungai Apu
Sumber : Tatag Arhath
Pariwisata
Desa Klakah mempunyai potensi yang sangat bagus, yaitu air terjun yang merupakan satu-satunya di Kabupaten Boyolali, namun sayangnya akses jalan menuju ke air terjun masih kurang tertata dengan baik.
Tata Guna Lahan
Untuk resapan air Desa Klakah sudah cukup bagus. Hanya saja perlu menjaga dan merawat kelestarian lingkungan tersebut.

POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA

  • Jumlah penduduk yang besar dengan jumlah penduduk produktif
  • Tingkat pendidikan yang masih rendah
  • Sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor pertanian
  • Gotong royong masyarakat yang masih besar
  • Masyarakat mempunyai keinginan dan motivasi untuk maju
Sedangkan jika dilihat dari segi ekonomi, sosial, dan budaya, maka:
EKONOMI
Mayoritas masyarakat Desa Klakah adalah petani sayur yang menggantungkan hidupnya pada kesuburan tanah vulkanik merapi. Selain sebagai petani, masyarakat Desa Klakah beternak sapi. Sehingga tidak heran, jika ada orang yang memelihara sapi di dalam rumahnya.
SOSIAL
Bentuk pemukiman di Desa Klakah cenderung rapat, guna agar memudahkan komunikasi, baik verbal maupun non-verbal. Akibat hal tersebut, membuat hubungan antara masyarakat sangatlah erat. Selain itu, secara historis kultural, terdapat hubungan yang sangat erat antara masyarakat Desa Klakah dengan Desa Jrakah. Hal tersebut disebabkan karena Desa Jrakah merupakan pintu keluar dan pintu masuk menuju wilayah Desa Klakah. Tidak hanya itu, Desa Jrakah juga pernah meminjamkan sebidang tanah di wilayah kajor warga Kampung Pencar Desa Klakah pada saat terjadinya erupsi 1932 dan 1954.
BUDAYA
Menurut masyarakat Desa Klakah, Gunung Merapi memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan warganya. Hal tersebut terlihat dari perlakuan warga terhadap Gunung Merapi yang biasa mereka sebut dengan sebutan “Mbah Petruk”. Khususnya kelompok usia sepuh sangat mempercayai bahwa Mbah Petruk sebenarnya tidak akan pernah membawa kesengsaraan bagi para putra anak cucunya. Selain itu ada beberapa kebudayaan yang sampai sekarang masih dilestarikan, yaitu kesenian. Ada berbagai macam kesenian yang berada di Desa Klakah, di antaranya Topeng Ireng, Serong (sekarang diganti dengan Yakso Girang Merapi), dan lain sebagainya.

POTENSI KELEMBAGAAN

Kelembagaan di Desa Klakah berperan penting dalam kemajuan pengembangan dan pembangunan desa. Mereka merupakan penggerak kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Klakah.
Kelembagaan yang ada di Desa Klakah antara lain:
  1. Badan Permusyaratan Desa (BPD)
  2. PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga)
  3. GAPOKTAN
  4. Karang Taruna

POTENSI SARANA DAN PRASARANA


SARANA PEMERINTAHAN

Sarana pemerintahan yang ada di Desa Klakah adalah Kantor Pemerintah Desa Klakah yang lokasinya berada di tengah permukiman Desa Klakah. Saat ini kantor desa baru mulai digunakan secara maksimal karena proses pemindahan perabotan dan dokumen desa dari kantor desa yang sebelumnya sudah selesai dilakukan.

SARANA KEAMANAN DAN SISTEM PENGAMAN BAHAYA

Sarana keamanan desa di Desa Klakah berupa poskamling yang tersebar di pedukuhan-pedukuhan. Poskamling tersebut dipergunakan sebagai tempat jaga masyarakat yang biasanya sesuai giliran. Sebagian besar poskamling tersebut berupa bilik-bilik yang terbuat dari kayu dan berukuran kecil dengan atap berupa genting. Sistem informasi atau pelaporan warga terkait hal keamanan dengan menggunakan kenthongan dan jaring komunikasi lewat telepon genggam (handphone). Kondisi permukiman yang padat tentunya rawan akan bahaya kebakaran. Kondisi ini terbalik dengan kesiapan masyarakat dan sarana prasarana pengaman bahaya kebakaran di Desa Klakah. Sumber air yang mudah ditemukan di Desa Klakah baik sungai maupun warga menjadi hal yang memudahkan masyarakat selama ini apabila terjadi kebakaran. Sistem informasi kebakaran dan metode pemadaman kebakaran menggunakan sistem tradisional yakni menggunakan kenthongan.

SARANA PERDAGANGAN

Sarana Perdagangan
Unit
Toko/Warung/Kios
10
Rumah Makan/Kedai
4
Jumlah
14


SARANA PENDIDIKAN

Sarana pendidikan di Desa Klakah sudah mecukupi di level Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Untuk kebutuhan sarana pendidikan tingkat lanjut, yakni Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi masyarakat Desa Klakah menggunakan sarana pendidikan di luar Desa Klakah.
Sarana Pendidikan
Sekolah
Murid
Guru
TK Negeri
1
49
2
TK Swasta
1
31
2
SD Negeri
2
271
19
Jumlah
4
351
23

SD Negeri 1 Klakah
Sumber : Djayati Narita Sari

SARANA PERIBADATAN

Sarana peribadatan yang terdapat di Desa Klakah terdiri dari:
Sarana Peribadatan
Unit
Masjid
8
Surau
4
Jumlah
12
Sedangkan masyarakat di Desa Klakah yang beragama selain Islam menggunakan peribadatan di desa lainnya karena di Desa Klakah tidak terdapat sarana peribadatan bagi masyarakat yang beragama non Islam.


Masjid Klakah Tengah
Sumber : Tatag Arhath

SARANA KESEHATAN

Sarana kesehatan yang terdapat di Desa Klakah adalah tenaga bidan dengan status Pegawai Negeri Sipil yang membuka praktik di PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) Desa Klakah. Tenaga kesehatan lain di Desa Klakah tidak ada sehingga apabila ada masyarakat yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut maka perlu mencari sarana dan tenaga medis di luar Desa Klakah, Untuk sarana pendukung yang digunakan untuk memobilisasi warga yang sakit dan mmebutuhkan penanganan kesehatan, masyatakat Desa Klakah menggunakan kendaraan pribadi milik warga atau ambulans yang disediakan oleh organisasi masyarakat atau lembaga tertentu (biasanya berada di ibu kota kecamatan).

Poliklinik Kesehatan Desa
Sumber : Tatag Arhath

SARANA TATA RUANG DAN POTENSI WISATA

Masyarakat Desa Klakah biasanya berinteraksi di poskamling, jalan, dan rumah warga. Ruang terbuka yang terdapat di Desa Klakah berupa halaman Kantor Pemerintah Desa Klakah, tempat wisata, dan lapangan-lapangan olahraga yang tersebar di Desa Klakah. Jalanan di Desa Klakah pun sudah cukup memadai dengan sudah diaspal dan adanya lampu penerang jalan, juga selokan. Desa Klakah memiliki tempat wisata berupa wisata air bernama Air Terjun Kedung Kayang yang berada di Barat Laut Desa Klakah,Wisata ini juga terdapat area playground dan perkebunan jati yang sudah mulai dikembangkan. Area terbuka yang lain berupa lapangan olahraga berupa lapangan voli dan lapangan sepakbola. Untuk ruang terbuka yang dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak-anak saat ini belum ada dan sekarang menggunakan area jalan sebagai tempat bermain.

Salah satu jalan di Desa Klakah
Sumber : Tatag Arhath

Air Terjun Kedung Kayang
Sumber : http://Klakahselo.wordpress.com/2014/09/17/desa-klakah -selo-boyolali-2/

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)